Tutorial Memanah

Memanah olahraga tradisional yang akan terus ada hingga akhir zaman.

Rabu, Januari 13, 2016

Anak 18 Tahun ini Membuat Busur 35 LBS dengan Belajar Via WhatsApp Saja

Entah kenapa, seperti ada dorongan yang kuat di dalam diri saya untuk menulis mengenai kisah sederhana mengenai seorang anak usia 18 tahun, yang belajar membuat busur hanya lewat facebook dan kemudian berlanjut lewat WA. Tanpa pernah bertemu sama sekali dengan pengajarnya.

syariz ihsan

Dan yang luar biasa lagi - masya Allah - busur buatannya benar-benar jadi dan bisa digunakan. Berat tarikannya mencapai 35 lbs, sama dengan busur yang saya produksi :)

Kisah ini berawal ketika saya diajak berkenalan oleh seorang anak bernama Syariz Ihsan, warga negara Malaysia, lewat facebook, sebelumnya saya mengira jika orang ini setidaknya seumuran saya, atau mungkin 25-30 an tahun.

Setelah beberapa kali berdialog lewat fb chat, komunikasi berlanjut via WA yang lebih intens. Dari awal saya memang sangat menaruh perhatian kepada orang ini karena keseriusannya dalam belajar membuat busur meskipun berasal dari negeri seberang. Belakangan baru saya ketahui kalau umurnya baru 18 tahun.

desain awal dia
Pertama dikirimi gambar oleh anak ini, saya agak kaget sekaligus menahan tawa. Desain dengan coretan tangan sedikit imajinatif ini membuat saya menjadi lebih bersemangat untuk berbagi ilmu.


ada yang tahu gambar apa ini?

Ini kiriman gambar ke 2 dari Syariz, apa kira-kira maksud gambar tersebut?. :)


magyar 30#
Untuk memberikan gambaran busur secara utuh, saya mengirimkan 2 foto busur yang pernah saya produksi. Magyar 30# dengan bahan carbon fiber dan Nimrod 36# dengan bahan fiberglass.

contoh ke 2

Lalu saya juga mengirimkan file handle dan siyah, untuk dicetak dan dibuat dengan menggunakana kayu yang ada. Saya menyarankan menggunakan kayu mahoni atau jati, tapi rupanya kendala bahasa menjadikan 2 kayu ini tak ditemukan disana. Entah apa orang menyebut 2 kayu tersebut.

Handle

Siyah

Nah, kalo foto yang di bawah ini adalah fiberglass/PFG bar milik syariz yang ukurannya 5*30*1200 mm. Saya minta agar dipotong 10cm, agar bentuk busur lebih enak dipandang dan lbs bisa naik.
Sehingga ukurannya menjadi 5*30*1100 mm.



Saudara kita yang satu ini menggunakan jigsaw dan table sander untuk membentuk handle dan siyah. Meskipun bentuk handle belum keren, tapi cukup baguslah untuk pemula.


Mulai perakitan, setelah membuat handle dan siyah dengan menggunakan jigsaw dan table sander, Syariz mulai merakit busur panahnya. langkah pertama adalah menempelkan fiber ke handle dengan menggunakan lem epoxy, untuk merknya... saya gak tahu sama sekali. Saya hanya menyarankan penggunaan epoxy. Dan seperti inilah hasilnya...


Siyah hasil dari printout foto sebelumnya, cakep juga buatnya.


Dan ini adalah foto yang dia kirimkan malam hari setelah mengirimkan foto handle, limbs dan siyah. Sudah dirakit dengan sempurna, pemilihan warna pun sama dengan contoh foto yang saya kirimkan pada hari sebelumnya. 

Untuk talinya, saya menyarankan tali prusik atau tali adventure, dan ternyata di Malaysia mudah ditemukan :).

busur sudah selesai

center!
Foto di bawah ini dia kirimkan pada hari selanjutnya. sudah dipasang string/talinya. menggunakan tali dengan diameter 6mm, padahal saya menyarankan menggunakan tali 4mm, tapi katanya... tali ini melar dan kalo dipasang, akan menjadi 4mm. hehe...

strung!

siyah pun dia finishing sampai mengkilap
Dan ini adalah hasil dari kerja dia selama 2 hari saja. Ya, hanya 2 hari yang dibutuhkan oleh anak ini untuk mengerjakan busur horsebow bergaya nimrod. Masya Allah....

Dan sepertinya ini adalah sebuah pembuktian bahwa membuat busur itu tidak sesulit yang kita fikirkan. Asalkan ada niat dan kesungguhan, insya Allah kita bisa membuat busur dengan tangan kita sendiri.

first shot

another shot :)


keren gak ya?


Saya membutuhkan waktu hampir setahun experimen untuk membuat busur-busur yang saya produksi, mulai dari pemilihan bahan, mulai dari pvc, fiber resin, hingga akhirnya ketemu dengan carbon fiber dan PFG/fiber glass. Dan ternyata ilmu yang sudah jadi itu kalo ditransfer ke orang lain akan mudah diaplikasikan.

Saat ini saya sedang meminta anak ini untuk membuat video saat horsebow ini beraksi. Semoga nanti segera bisa dikirimkan videonya.

Btw.. bagaimana pendapat dari rekan-rekan semua tentang kisah ini? 

2 komentar: