Tutorial Memanah

Memanah olahraga tradisional yang akan terus ada hingga akhir zaman.

Selasa, Juni 28, 2016

Bagaimana Cara Memilih Anak Panah/Arrow yang Tepat Untuk Busur/Bow Anda? Perkenalkan: DYNAMIC SPINE CALCULATOR!

Stu Miller's Dynamic Spine Calculator Versi 2

Stu Miller's Dynamic Spine Calculator Versi 3

Dalam olahraga panahan, form/teknik memanah adalah yang paling utama dan harus dikuasai duluan. Latihan bisa dilakukan dengan busur dan anak panah apa aja yang ada. Tapi kalo udah cukup menguasai dan masuk ke fase yang lebih serius, "tuning" akan sangat membantu dalam meningkatkan akurasi tembakan.

Busur dan anak panah diproduksi dalam berbagai ukuran untuk menyesuaikan kebutuhan pemanah yang berbeda2 (postur, tenaga, selera, dll). Karena itu busur dan anak panah masing2 mempunyai nilai "Dynamic Spine" yang berbeda2 juga dan harus dipasangkan dengan sesuai untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Apa itu dynamic spine? Hmm, apa ya. Dynamic spine adalah suatu nilai yang dimiliki oleh bow/busur dan arrow/anak panah yang akan mempengaruhi reaksi anak panah pada saat ditembakkan/direlease.

Nilai dynamic Spine pada busur utamanya dipengaruhi oleh berat tarikan (draw weight), panjang tarikan (draw length), posisi center shot, tekanan per/spring pada plunger, brace height, jenis string (dacron, "fast flight"), dan jumlah strand/ply pada string.

Nilai dynamic Spine pada arrow utamanya dipengaruhi oleh static spine (ukuran panah, misal 400, 700, 1716, 1816, dst mempunyai nilai static spine berbeda2 yang bisa dilihat di spesifikasi pabrikan), panjang arrow, berat point (ujung tajam), berat bushing/insert, berat nock, dan berat fletching (vanes atau bulu).

Artikel tentang static spine: http://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/apa-arti-spine-deflection-pada-arrow.html


Nilai static spine pada arrow Easton Platinum

Setiap perubahan pada hal2 diatas akan mempengaruhi nilai dynamic spine dan tentu akan mempengaruhi keharmonisan hubungan busur dan anak panah.

Coba aja memanah dengan anak panah yang berbeda2 (beda static spine, beda panjang, beda bahan, dst) dalam satu rambahan, walaupun dibidik ke titik yang sama tapi groupingnya tidak akan bagus (asumsi teknik sudah konsisten). Karena nilai Dynamic Spine nya berbeda, cara anak panah tersebut terbang pun akan berbeda.

Lalu bagaimana cara menemukan pasangan busur dan panah yang tepat? Inilah yang dinamakan "tuning".

Untuk mempermudah tuning, telat dibuat sebuah program kalkulator yang disebut "Dynamic Spine Calculator", dibuat oleh Stu Miller. Tujuannya supaya orang tidak perlu mencoba satu2 dengan metode "trial and error". Karena akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Ini link kalkulator beserta instruksinya (masih dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesianya nyusul):

Versi 2: http://www.heilakka.com/stumiller/

Versi 3: https://www.dropbox.com/s/w2ux3sbseyj25zn/Dynamic%20Spine%20Calculator%20Rev%205-12%20%202007.xls


NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Geus tereh lebaran euy,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar