Tutorial Memanah

Memanah olahraga tradisional yang akan terus ada hingga akhir zaman.

Selasa, Juli 12, 2016

Antara Perpani dan INASP, Pemanah Profesional dan Pemanah Hura-Hura

Peringatan: Postingan ini saya labelin "capruk" yang dalam bahasa Sunda artinya "ngelantur". Jadi isinya tidak dapat dipertanggungjawabkan karena ditulis berdasarkan seenaknya udel, sangeunah beuheung, alias sak karep ndase penulis yang notabene anak kemaren sore di dunia panahan Indonesia.

Kenapa saya nulis ini? Karena beberapa waktu lalu saya baca "diskusi" kawan2 Perpani dan INASP di salah satu grup facebook tentang panahan. Isinya gak penting2 amat, tapi cukup bikin saya gatel pengen nulis ini.

Sebelumnya, kita bahas dulu apa itu Perpani dan INASP (tentu saja cuma modal pengetahuan penulis yang seuprit)

Perpani, singkatan dari Persatuan Panahan Indonesia. Anak 90-an hampir dipastikan hafal ini, karena dulu mungkin bakal jadi soal EBTANAS. Haha... Di benak saya Perpani itu adalah wadahnya atlit profesional. Dimana mereka latihan dari pagi sampe sore atau bahkan sampe malam setiap hari. Melesatkan ratusan anak panah di pagi yang dingin atau tengah hari bolong. Punya pelatih yang super dan berpengalaman di kancah internasional. Tentu punya kurikulum yang keren juga. Pemanah Perpani adalah pemanah yang mukanya mesem kalo nembak gak kena kuning/gold (liat di youtube).



Sedangkan INASP, singkatan dari Indonesian Archery School Program. Banyak anggotanya yang cuma pengen memanah sebagai hiburan alias pemanah hura2 atau pemanah rekreasi (tapi banyak juga yang serius loh!). Yang saya sebut pemanah rekreasi adalah pemanah yang sekedar cari senang, bukan kepengen jadi atlit. Latihan juga cuma pas weekend, itu juga kalo gak ada kondangan, kalo gak panas, kalo gak hujan, kalo ada temen yang ngajakin, dan beribu alasan lain. Alat juga pinjem punya club, dengan anak panah yang cuma dikasih 3 biji itupun beda2 merk bahkan beda bahan. Masih untung kalo vanesnya lengkap dan anak panah/arrownya lurus.



Jadi, secara prestasi tentu bumi langit. Pemanah paling jago di INASP belum tentu bisa ngalahin pemanah paling bontot Perpani. Tapi dibalik itu, INASP itu keren! Kenapa?

Sedari kecil saya suka panahan tapi cuma tau Perpani dan langsung jiper kalo ngebayangin seleksi dan porsi latihannya yang berat. Informasi tentang gimana cara bergabung juga gak pernah saya dapet (karena gak berani nanya). Dulu saya berasumsi bahwa pemanah Perpani adalah pemanah turun temurun, kalo gak orang tuanya ya sodaranya yang atlit panahan, ada yang melatih dan mengarahkan sedari kecil. Jadi dulu ketika saya SMP pas lewat GOR Pajajaran (salah satu GOR di Bandung) saya cuma bisa melongo dan berkhayal sambil ngeliatin para atlit berlatih.

Entah sejak kapan dunia panahan di Indonesia mulai rame, saya juga termasuk orang yang ikut2an. Banyak yang memanah karena sunnah. Tapi saya pikir INASP juga punya peranan cukup besar dalam meramaikan perpanahan Indonesia. Orang2 kayak saya jadi gak minder mau mulai memanah di usia 30an atau lebih. Karena kawan2 di klub juga masih bisa miss di jarak 10 meter dan target 40 cm. Haha... Promosi dari klub2 INASP di daerah juga sangat gencar, salah satunya tentu karena ada latar belakang bisnis. Gak masalah, coach juga butuh makan. Yang penting dunia panahan Indonesia bisa semakin maju dan merakyat. Sebagai orang yang baru mulai mencintai panahan, itu sangat penting untuk keberlangsungan hobi, semakin rame yang main semakin asik.

Disinilah kehebatan INASP terasa. OK lah kita2 yang udah bangkotan udah gak akan lagi jadi atlit yang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Tapi angkatan kita punya anak2 yang berpotensi sangat besaaar! Di klub saya sendiri, orang tua yang latihan sering bawa anaknya ke klub. Namanya anak2, pasti pengen coba ngelakuin apa yang dilakuin orang tuanya. Sedikit2 si anak bakal tertarik, lama2 ikutan coba. Terus mereka cerita sama temennya di sekolah. Temennya ikutan tertarik. Ini efeknya lebih hebat dari MLM!

Jadi, beberapa tahun kedepan saya yakin peminat panahan akan semakin tinggi. Artinya kemungkinan munculnya pemanah muda berbakat yang nanti bakal dapet emas di olimpiade juga makin tinggi. Awal2 gak perlu lah harus sesuai standard FITA, sekedar demen manah aja udah cukup. Dibikin suka dulu, kalo udah suka sih apa aja bakal dijabanin.

Kesimpulannya, menurut saya INASP pada saat ini tugas utamanya adalah menjaring sebanyak mungkin orang untuk mencintai panahan. Untuk selanjutnya diasah lebih tajam oleh Perpani supaya bisa bersaing dengan pemanah luar seperti Korea Selatan yang kayaknya udah turun temurun tidur meluk busur.

Bravo Perpani! Bravo INASP! Bravo panahan entah apaan aja lah organisasinya!


NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Warnetna ngebul mang,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar