Tutorial Memanah

Memanah olahraga tradisional yang akan terus ada hingga akhir zaman.

Sabtu, Juli 30, 2016

Cara Memilih Bow/Busur dan Arrow/Anak Panah Untuk Pemula



Ini nih yang paling sering ditanyain sama orang yang baru2 maen. Ada beberapa hal penting yang harus dipikirin kalo mau beli peralatan panahan.

Panahan itu kan olahraga konsistensi. Settingan alat dan teknik kita harus bener2 sama dalam setiap tembakan untuk hasil optimal. Gimana bisa hal ini tercapai kalo kita cuma ngandelin pinjeman dari temen atau klub? Yang belum tentu setiap kita latihan bakal dikasih peralatan yang sama. Hari ini latihan pake busur dan anak panah A, besok pake busur B dan anak panah B, dst.

Tapi disisi lain, peralatan panahan bukan barang murah. Kita harus teliti milih yang mau kita beli, kan sayang kalo udah beli ternyata gak cocok. Dijual lagi juga kemungkinan besar gak akan balik modal.

Cara terbaik memang coba2 dulu, pinjem punya temen atau punya klub. Terutama di klub biasanya banyak pilihan ukuran panjang dan berat tarikan busur. Yang mana yang enak dipake itulah yang nantinya kita beli,

Setelah teknik kita mulai konsisten, grouping udah mulai bagus (umumnya kurang lebih latihan sebulan lah kalo rajin), baru deh pertimbangkan hal2 di bawah ini buat acuan pas mau beli.

1. Kanan atau kidal

Pemanah sebelah kiri: right handed/RH/kanan, yang megang busur tangan kiri, yang narik string tangan kanan.
Pemanah sebelah kanan: left handed/LH/kidal, yang megang busur tangan kanan, yang narik string tangan kiri.

Menurut saya ini yang paling pertama harus diputuskan. Sebagian besar pemanah di dunia adalah pemanah kanan. Tapi bukan berarti kamu harus ikut2an mana yang rame.

Karena panahan selain menggunakan tangan, mata juga sangat berperan penting karena dipake buat ngebidik. Dan sama kayak tangan, mata juga bisa kidal. Istilahnya adalah eye dominance.

Artikel lebih lanjut tentang ini ada disini: http://papatembak.blogspot.com/2016/06/mata-dominan-eye-dominance.html

2. Jenis busur

Kalo ini hampir sepenuhnya masalah selera, dan sedikit masalah dana. Hahaha...

Ada banyak pilihan jenis busur: longbow, recurve, horsebow, compound, dll. Semua punya plus minus, harganya juga lain.

Masalah harga, olympic/FITA recurve bow dan compound bow adalah yang paling mahal. Starter kitnya aja bisa diatas 10 juta. Apalagi kalo mau peralatan yang kualitas terbaik semuanya, bisa abis puluhan juta.

Compound bow, cirinya ada katrol di ujung limbsnya.

Olympic/FITA recurve bow. 

Nah, untuk yang low budget seperti saya dan kebanyakan orang yang baru mau memulai hobi panahan, jenis busur dibawah ini bisa jadi pertimbangan. Sekedar gambaran harga, saya pajang foto asli orang jualan.

1. Standard bow
Sebenernya adalah jenis recurve bow, tapi versi generik. Haha... Harganya untuk starter kisaran 3 juta udah lumayan lengkap. Kalo busurnya doang kisaran harga 1,6 juta. Ini contohnya:

Paket standard bow, yang jualnya Vieneth Archery

Masih bingung bedanya antara "standard bow" dan "recurve"? Baca dulu disini: http://www.papatembak.com/2017/06/perbedaan-busur-recurve-dan-standard-bow.html

2. Horse bow
Sesuai namanya, busur jenis ini dulunya banyak dipake diatas kuda. Karena itu busurnya pendek, biar leluasa makenya.

Busur jenis ini harganya sangat beragam, ada yang berbahan PVC yang harganya dibawah 400rb, sampe bahan komposit alami yang harganya bisa belasan bahkan puluhan juta rupiah.

Yang harganya terjangkau biasanya berbahan PVC atau fiberglass (PFG atau EFG). Banyak pengrajin lokal yang produksi dari bahan ini makanya lebih murah.

Horsebow ini dijual di tokopedia (id Panah Murah) dengan bandrol 700rb. Bahannya fiber dan kayu. Harga udah termasuk finger tab dan arm guard, tapi anak panahnya belum.

Horsebow fiber jenis take down (bisa bongkar pasang)

Horsebow yang bahannya PVC (paralon) lebih murah. Yang ini dijual di tokopedia (id Ebn_Sanusi Shop) dengan bandrol 350rb. Tapi gak jelas juga dapetnya apa aja (ga ada deskripsi), ya minimal bow/busur dan string/talinya lah.

Horsebow PVC

3. Busur Tradisional
Bahannya kayu dan bambu.

Seperti yang di bawah ini adalah busur jemparingan, bentuknya mirip standard bow. Dijual di tokopedia (id Reizha oguri online) dengan bandrol 550rb. Belum termasuk asesoris lain seperti anak panah, finger tab, dan arm guard.

Busur Jemparingan

4. Busur PVC
Dengan handle kayu dan limbs PVC yang biasanya diisi bambu. Dibawah ini contohnya, dijual di tokopedia (id panahbusurarchery) dengan harga cuma 250rb, bonus 3 anak panah pula.

Busur PVC handle kayu

Sekedar referensi aja. Yang jualan buanyaaaak. Mau cari yang deket biar bisa COD dan coba dulu bisa, mau cari yang jauh juga boleh.

Masalah jenis busur, mana yang kamu suka, itu yang kamu pilih. Gak ada masalah sama sekali.

3. Panjang busur

Terutama untuk "standard bow" dan olympic/FITA recurve ada ukuran panjang busur tertentu yang bakal disesuaikan dengan postur badan si pemanah. Karena postur badan bakal mempengaruhi panjang tarikan (draw length). Draw length ini yang bakal jadi acuan pemilihan ukuran bow yang cocok buat kamu.

Artikel lebih lanjut tentang draw length bisa diliat disini: http://papatembak.blogspot.com/2016/06/panjang-tarikandraw-length-saya-berapa.html

4. Berat tarikan (draw weight)

Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah "Beli sekalian yang berat aja, nanti juga terbiasa. Biar gak usah beli2 lagi". Dulu saya juga termasuk yang prinsipnya begitu, alhasil saya menyesal.

Kenapa? karena pada tahap awal belajar panahan yang paling utama adalah teknik. Kalo badan kita perlu usaha ekstra keras cuma buat narik string, teknik malah gak akan keperhatiin. Saya jamin akurasi tembakan juga bakal ancur2an.

Gak usah malu misal kamu seorang lelaki brewok tinggi gede tapi cuma narik busur 20 lbs. Karena otot yang dipake buat panahan adalah otot yang jarang dipake sehari2. Saya pernah liat cowok tinggi gede tapi tangannya gemeteran narik busur yang cuma 20an lbs.

Ingat, latihan panahan itu bisa sampe berjam2, menembak sampe ratusan kali per sesi latihan. Percuma punya busur draw weight gede kalo kamu cuma bisa narik 10 kali abis itu langsung tepar. Gak ada gunanya. Busur 20-30 lbs aja masih bagus kok sampe jarak 20-30 meteran, bahkan lebih. Pertandingan indoor kan cuma 18 meter.

Coba2 aja dulu punya klub, atau punya temen. Mana yang menurut kamu ringan dan kamu sanggup nariknya sampe beratus2 kali. Biar latihan lebih optimal.

Pada saat nanti kamu udah mulai terbiasa, bisa dinaikin dikit2 draw weightnya. Gak mesti beli kok, saya sendiri pernah barter. Pajang aja di media sosial, ada aja peminatnya.

NB: Untuk standard bow, limbs tersedia dari 18-40 lbs. Nambahnya kelipatan 2 lbs. Saya pribadi waktu baru mulai memanah pake 28 lbs, itu juga masih gemeteran. Akhirnya diturunin ke 24 lbs baru nyaman. Sampe sekarang masih pake busur 24 lbs untuk latihan dan tanding dengan jarak 20 meter kebawah, enak gak cepet capek.

5. Memilih Anak Panah

Busur dan anak panah harus dipasangkan dengan serasi. Kalo nggak sesuai nantinya si anak panah bakal terbang lari kanan lari kiri. Intinya semakin berat draw weight, semakin kaku anak panah yang harus dipake, dan sebaliknya. Minta saran ke pemain yang lebih senior atau ke penjual tentang ukuran anak panah yang cocok buat busurmu.

Menurut saya yang  paling penting buat pemula sih beli anak panah yang murah2 aja dulu. Bisa dari bahan kayu/bambu, fiberglass, atau alumunium. Karena benda ini paling cepet rusak. Apalagi pemula, ada kalanya anak panah meleset dari bantalan terus ngehantem tembok, atau ilang ke kebun.

Gambaran dikit untuk harga anak panah:

1. Anak panah bambu
Biasanya dibuat dari bambu petung/gombong. Dibawah ini yang dijual di tokopedia (id Janissary) dengan harga 500rb/lusin. Udah full set. Karena ada juga yang suka jual per part, misal shaft doang, fletching doang, atau misal anak panah tanpa point.

Anak panah bambu full set

Ini contoh anak panah yang tidak lengkap, dijual tanpa point. Tapi harganya murah gila, cuma 15rb per buah. Dijual di tokopedia (id panah shoping center).

Anak panah bambu tanpa point

2. Anak panah fiberglass
Bahan ini kuat dan cukup murah. Cocok banget buat pemula. Ini contoh yang dijual di tokopedia (id joko pamungkas) dengan harga 30rb per buah.

Anak panah fiberglass

Lebih lengkapnya tentang perbandingan anak panah bisa cek link ini. Disini ada juga list harga untuk anak panah berbahan alumunium dan karbon: https://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/perbandingan-kelebihan-dan-kekurangan_21.html

Kalo teknik udah bagus, nembak udah kena bantalan terus, dan udah ada duitnya, baru deh bisa mempertimbangkan beli anak panah yang agak bagusan. Karena akurasi juga ditentukan oleh kualitas anak panah.

Sebagai contoh aja, kalo pake "standard bow" dengan draw weight 28 lbs bisa pake anak panah alumunium ukuran 1616 atau bahan lain yang punya nilai spine yang mirip2.
Apa itu spine? cek dulu kesini: http://papatembak.blogspot.com/2016/06/apa-arti-spine-deflection-pada-arrow.html

Lebih detail tentang pemilihan anak panah, (walaupun kayaknya terlalu ribet buat pemula) bisa cek disini: http://papatembak.blogspot.com/2016/06/bagaimana-cara-memilih-anak-panaharrow.html

6. Asesoris

Selain busur dan anak panah, masih ada beberapa asesoris yang dibutuhin. Yang wajib adalah finger tab (pelindung jari) dan arm guard (pelindung lengan).

Finger tab banyak buatan lokal yang murah2, awet juga. Saya dari awal main panahan sampe sekarang masih pake finger tab lokal. Tapi kalo langsung mau beli yang bagus juga gak masalah, cuma pastikan ukurannya pas, karena ada pilihan ukuran S, M atau L biasanya. Ukuran finger tab itu utamanya yang beda adalah lebarnya.

Finger tab lokal yang harganya 55rb di tokopedia (id SLF {salfa} Archer)

Kalo untuk arm guard, saya saranin pake yang paling panjang dan lebar untuk pemula. Karena teknik penempatan siku biasanya belum pas jadi sering kejepret. Saya sendiri pernah sampe biru2. Tapi usahakan bahannya jangan pake yang nyerep keringet (misal bahan kulit atau kain tebal) karena bakalan cepet bau. Enaknya bahan karet atau plastik aja. Bahkan ada temen saya yang bikin sendiri dari pipa PVC/paralon, murah meriaaaah.

Arm guard lokal dengan harga 60rb dijual di tokopedia (id Janissary)


Kenapa harus tau ini semua? Mohon maaf karena ada oknum penjual yang punya prinsip "yang penting barangku laku". Jadi walaupun sebenernya si penjual tau bahwa barangnya gak cocok sama si pembeli tetep dibilang bagus dan cocok2 aja. Atau bisa juga karena si penjual belum tau ilmunya, cuma sekedar jualan. Memang cuma satu dua aja penjual yang model begitu, tapi ada baiknya kita tau apa yang mau kita beli supaya dana, waktu, dan tenaga yang kita keluarkan jadi efektif.

Itulah hal2 utama yang harus dipertimbangkan kalo mau beli peralatan panahan. Cuma sebagai pedoman kasar. Yang paling bagus adalah nanya ke senior, karena mereka udah lebih berpengalaman. Termasuk punya referensi seller/penjual mana yang lebih recommended.



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Nyareri awak,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar