Tutorial Memanah

Memanah olahraga tradisional yang akan terus ada hingga akhir zaman.

Rabu, Agustus 31, 2016

Cara Pengaturan Sight/Fisir pada Busur Recurve/Standard Bow untuk Pemula Banget

Buat pemanah yang baru banget pake sight/fisir mungkin masih bingung gimana cara settingnya. Yang perlu saya garis bawahi adalah settingan fisir itu tiap orang berbeda2. Karena teknik atau minimal postur/anatomi tubuh orang yang menggunakan juga pasti berbeda satu sama lain. Cara pegang string, posisi mata, posisi anchor, dll akan berbeda walaupun cuma sedikit.

Kalo sama sekali belum pernah bagusnya didampingi sama orang lain, lebih bagus lagi kalo sama yang udah berpengalaman.


Gambar 1. Bentuk sight/fisir pada umumnya, yang ini merk KAP winstorm
A = aperture
B = baut pengunci biar aperture gak berubah lagi setingan kanan kirinya
C = pengatur kanan kirinya aperture (fine/halus)
D = pengatur atas bawahnya aperture (coarse/kasar)
E = pengatur atas bawahnya aperture (fine/halus)
F = baut pengunci aperture biar gak bisa geser atas bawah lagi
G = lubang pengaturan panjang sight/fisir
H = skala tinggi sight/fisir

G = lubang pengaturan panjang sight/fisir
I = Baut buat ngunci setingan panjang fisir

Langkah pertama: atur panjang sight/fisir

Untuk fisir yang long/panjang, biasanya ada 6 atau lebih lubang untuk mengatur panjang fisir. Semakin panjang fisir bakal semakin akurat karena fisir bakal lebih deket ke target. Tapi kalo ada gerakan dikit aja si pointer/aperture bakal geser banyak. Kalo buat pemula diatur pendek aja karena biasanya tangan belum bisa stabil pas megang bow/busur. Itulah kenapa sight/fisir anak atau pemula biasanya pendek.

Langkah kedua: geser kiri atau kanan si aperture.

Pertama2 longgarin baut pengunci (B) lalu atur posisi aperture (A) tepat diatas ujung arrow/anak panah pada saat busur dalam posisi rileks (belum ditarik). Kalo misal harus geser banyak, puter aja itu aperture pake tangan kayak baut. Sambil pegang benda yang C karena suka ikutan muter.

Bikin kurang lebih kayak gambar dibawah ini, abis itu bisa dikencengin lagi baut penguncinya (B).

Pengaturan posisi aperture ditaro pas diatas ujung arrow

Langkah ketiga: geser atas atau bawah si aperture.

Sekarang atur tingginya (H). kendorin baut pengunci (F) terus geser sampe skalanya kira2 di 1,5an kayak di gambar 1. Abis itu kencengin lagi baut F nya.

Kalo harus geser banyak itu benda yang D bisa dipencet biar si ulir E ngangkat dan bisa geser jauh2. Kalo gesernya dikit boleh diputer itu ulir E.

Pengaturan awal selesai.

Langkah keempat: coba tembakin

Ambil jarak dekat, terserah mau berapa meter dari target, 3-5 meter juga gapapa. Ambil posisi nembak kayak biasa, tapi sebelum release coba tanya dulu sama pendamping kira2 arrow/anak panahnya bakalan nancep di bantalan apa nggak. Kalo kira2nya gak akan kena bantalan coba maju lebih deket ke target atau ubah setingan atas bawahnya (H).

Langkah kelima: liat nancepnya dimana, terus sesuaikan

Ketika udah yakin bakal kena bantalan, coba bidik, luruskan antara mata, pointer/titik merah di aperture, sama bagian tengah target. Tembakin deh itu arrow/anak panah. Liat nancepnya disebelah mana titik target.

Oia, patokannya jangan 1 arrow yah. Tembakin beberapa, terus liat ngumpulnya paling banyak dimana (grouping).


Kalo arrow/anak panah nancepnya DIATAS titik sasaran, geser aperture ke ATAS. Sebaliknya kalo arrow nancepnya DIBAWAH titik sasaran, geser aperture ke BAWAH.

Kalo arrow/anak panah nancepnya sebelah KIRI titik sasaran, geser aperture ke KIRI. Sebaliknya kalo arrow nancepnya sebelah KANAN titik sasaran, geser aperture ke KANAN.

Kalo pas di tengah ya udah gak usah diapa2in.

Intinya: APERTURE NGIKUTIN ARAH NANCEPNYA ARROW.

Tapi kalo arrow nancepnya gak jelas kadang kanan kadang kiri kadang atas kadang bawah berarti yang salah orangnya, bukan fisirnya. Tekniknya belum konsisten.

Setelah arrow/anak panah banyak nancep ditengah, coba mundur sedikit2 sampe jarak yang diinginkan. Lalu ulangi langkah 5. Sekali mundur 3 meter cukup lah. Udah gitu ajah.



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Hayang boga horsebow atulah plis
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar