Tutorial Memanah

Memanah olahraga tradisional yang akan terus ada hingga akhir zaman.

Senin, September 19, 2016

INASP itu...



Masih sedih dengan dibubarkannya INASP (Indonesia Archery School Program). Tapi daripada ngomongin jelek tentang yang lain, mending ngomongin yang bagus2 tentang INASPnya sendiri. Bener gak?

Ini penilaian 100% subjektif dari saya selaku anggotanya. Menurut saya:

INASP itu menyenangkan.
Pernah gak kamu ngeliat atlit panahan professional ketawa2 atau ejek2an kalo anak panahnya meleset saat pertandingan? Kalo saya bilang INASP itu 90%++ unsurnya adalah FUN!!! Prestasi bukan jadi tujuan utama. Tapi itu yang saya cari! Coba kamu tanya satu2 member INASP, berapa banyak yang beneran kepengen jadi atlit?

INASP itu pro aktif.
Klubnya banyak dan tersebar di daerah2, mudah dicari. Ditambah pengelola klubnya yang terus ngajakin orang memanah melalui Facebook, broadcast BBM, Instagram, dan media sosial lain. Merangkul semua lapisan masyarakat.

Di klub saya sendiri pernah ada anggota baru yang umurnya mungkin diatas 40 tahun. Pas saya tanya alasannya gabung, jawabannya sama persis dengan jawaban saya dulu: "suka sama panahan dari kecil tapi baru sekarang tau kemana harus latihannya."

INASP itu ajaib.
Bikin yang namanya SKM (Sertifikasi Kemahiran Memanah). Sertifikatnya gak diakuin dimanapun selain di INASP sendiri, ikutannya harus bayar dan lumayan mahal, kalo gagal uang pendaftarannya hangus! Tapi tetep aja orang bejibun daftar. Ajaib kan?

SKM adalah ajang pembuktian diri. Untuk saya pribadi yang gak pernah punya prestasi di bidang apapun dari kecil. Saya jadi punya misi mengkhatamkan ke 4 levelnya. Susah tapi realistis untuk pemanah hura2 macem saya. Sekedar info, saya udah ikutan 2 kali SKM level 4 dan gak lolos2. Tapi malah bikin saya jadi semakin semangat berlatih. SKM menjadi alasan kenapa saya jadi rajin bangun pagi, latihan memanah sampe telat berangkat kerja. Latihan fisik juga buat menunjang teknik memanah, dan usaha2 lain. Saya berlatih lebih keras buat SKM daripada buat kompetisi.

INASP itu mensejahterakan.
Seperti saya bilang di postingan sebelumnya, menurut saya INASP berperan besar dalam memasyarakatkan/memasalkan olah raga panahan. Yang berarti bursa jual beli alat/perlengkapan, jasa pelatihan, kompetisi, dll juga akan meningkat. Menguntungkan pengrajin, penjual, pelatih, penghobi, pokoknya semua untung!

INASP itu mengayomi.
Saya baru memanah selama 9 bulanan, lokasi saya di Kalimantan, jauh dari "pusat". Tapi saya udah ketemu langsung dengan presiden INASP 4 kali. Dan saya denger beliau terus keliling Indonesia bahkan sampe Malaysia buat memantau dan membangun klub2 INASP di daerah. Saya liat sendiri bedanya reaksi anggota klub terutama anak2 ketika Coach Defrizal yang melatih mereka secara langsung. Anak2 jadi lebih semangat dan serius latihan. I could see it in their eyes!

INASP itu ramah anak.
Di klub saya sendiri dominasi member adalah SMP ke bawah. Gak gampang loh ngajarin anak, butuh kesabaran ekstra. Dan saya bener2 suka sama metode pengajarannya. Serius tapi unsur fun nya tetep didahulukan. Coba perhatikan ekspresi anak yang bisa nembak pas kena balon, bahagia! Namanya anak kalo disuruh maen pasti seneng. Orang tuanya juga ikutan seneng kalo anaknya mau olah raga, daripada ngeliat mereka saban hari nongkrongin gadget.

INASP itu berpikir panjang.
Di kejuaraan Elang Borneo Open kemaren, saya heran kenapa banyak sekali anak2 yang dapet medali. Ternyata ini adalah instruksi dari INASP pusat. Ada yang namanya juara bantalan. Khusus kategori SD pemula, satu bantalan dipake sama 3 orang anak. Yang berarti setiap dari mereka bakal pulang bawa medali dari perunggu sampe emas. Mereka bakal pulang dengan medali di tangan, juga rasa bangga dan cinta kepada panahan yang lebih dari sebelumnya. JENIUS!

Terakhir, saya berharap INASP bakal bereinkarnasi menjadi sesuatu yang lebih baik. Memasyarakatkan olah raga yang gak populer ini sehingga suatu saat orang ngeliat panahan kayak orang ngeliat sepak bola.



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Teu daek begang awak teh euy,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar