Tutorial Memanah

Memanah olahraga tradisional yang akan terus ada hingga akhir zaman.

Senin, Juni 20, 2016

Apa arti SPINE / DEFLECTION pada arrow / anak panah?


Spine / Deflection pada arrow adalah pembengkokan arrow ketika didudukkan pada jarak dan beban tertentu. Hal ini SANGAT MEMPENGARUHI archer paradox dan cara arrow terbang ketika ditembakkan dari busur.

Ada standar khusus untuk menghitung ini, biasa disebut standar ASTM (nama lembaga yang bikin standar). Untuk arrow selain bahan kayu/bambu, cara ukurnya adalah sebagai berikut:

Arrow didudukkan di dua penyangga yang berjarak 28 inch. Panjang arrow minimal 1 inch lebih panjang dari jarak dudukan. Lalu di tengah2 arrow diberi pemberat 1.94 lbs. Arrownya kan bakal bengkok tuh. Nah, jarak pembengkokannya itu yang diukur dalam inch.



Tapi kita gak usah capek2 tes sendiri, karena biasanya dari pabrik udah ada data lengkapnya. Ini contoh untuk arrow Easton Platinum:



Semakin RENDAH nilai spine / deflection nya, berarti arrownya semakin KAKU. Ya logika aja kalo bengkoknya dikit pas dikasih beban berarti arrownya kaku. Dan sebaliknya.

Sedikit gambaran, kalo misal kita pake arrow yang terlalu kaku. Arrow akan belok ke kiri (untuk archer tangan kanan, bukan kidal). Dan sebaliknya arrow akan belok ke kanan kalo terlalu fleksibel. 

Selama pake fletching (vanes atau bulu di belakang arrow) sih gak akan begitu kentara. Tapi pas fletching dilepas untuk bare shaft tuning (nanti dibahas di sesi tuning), arrow bakal menggila, melenceng jauuh!

Intinya: PILIH ARROW GAK BISA SEMBARANGAN!!! pasti ada alasannya toh kenapa pabrik bikin arrow dengan berbagai ukuran. Gimana cara memasangkan bow dan arrow yang cocok? Baca disini: https://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/bagaimana-cara-memilih-anak-panaharrow.html



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Nya kitu weh,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar