Tutorial Memanah

Memanah olahraga tradisional yang akan terus ada hingga akhir zaman.

Senin, Juni 20, 2016

Arti Spesifikasi Limbs pada Standard Bow

Gambar 1. Limbs standard bow merk Cartel Sirius Plus

Pada limbs standard bow biasanya ada tulisan kayak gambar diatas. Apaan sih artinya?

Angka yang sebelah kiri di gambar 1 (angka 64 dan 68) adalah ukuran panjang limbs. Panjang limbs ada beberapa macam, begitu juga dengan panjang riser. Untuk standard bow bisa dilihat lengkapnya di tabel di bawah ini:


Ukuran busur SF Optimo+


Artinya, kalo limbs di gambar 1 dipasangkan dengan riser ukuran 24" maka total panjang busur menjadi 68". Dan kalo limbs tersebut dipasangkan dengan riser ukuran 22" maka ukuran panjang busur menjadi 64".

Riser dan limbs idealnya dipasangkan sesuai dengan tabel diatas. Misal riser 24" pasangannya limbs 66", 68", atau 70". Riser ukuran 14,5" dipasangkan dengan limbs 48". Dan seterusnya. Karena kalo bukan pasangannya nanti total panjang busur akan berbeda, yang otomatis nanti panjang string yang diperlukan juga akan berbeda. Misal riser 14,5" dipakein limbs 70", total panjang busur gak akan jadi 70", string yang dibutuhkan juga bakal lebih pendek.

Angka yang sebelah kanan di gambar 1 (angka 34 dan 32) adalah berat tarikan (draw weight) dalam satuan lbs atau pound. Draw weight yang tercantum di limbs adalah draw weight pada draw length (panjang tarikan) 28 inch. Kalo panjang tarikan anda lebih dari itu, maka berat tarikan akan lebih berat. Dan sebaliknya.

Artikel tentang cara ngitung panjang tarikan/draw length ada disini:
https://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/panjang-tarikandraw-length-saya-berapa.html

Artikel tentang perubahan draw weight karena draw length: https://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/perubahan-berat-tarikan-draw-weight.html

Kalo pake riser yang pendek, draw weight juga akan bertambah. Seperti contoh di gambar 1, kalo pake riser 24" draw weightnya 32 lbs, sedangkan kalo pake riser 22" draw weightnya jadi 34 lbs pada draw length yang sama (28").

Terakhir, untuk busur olympic style recurve ILF biasanya limbs cuma punya 3 ukuran. Short, medium, dan long. Yang berarti total panjang busur akan menjadi: short = 66", medium = 68", dan long = 70" jika dipasangkan dengan riser recurve ILF standar ukuran 25".



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Tong gandeng, aya nu sare!
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar